Senin, 19 September 2011

Sekilas Tentang PDF

PDF, sebuah kata yang sudah sangat sering didengar oleh para pengguna komputer. Namun ternyata masih banyak yang belum tahu apa itu PDF. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan mengenai PDF. Mau tahu? Ikuti terus ya.

PDF adalah kependekan dari Portable Document Format, PDF merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System untuk kepentingan file(dokumen) digital. PDF diciptakan dan mulai dikenal sejak tahun 1993, saat itu format dokumen pdf masih sangat jarang digunakan. Mengapa?

Karena pada era itu aplikasi untuk membuat dan membaca dokumen pdf masih dipublikasikan secara komersil alias dijual. Jadi untuk menggunakanannya, orang harus membayar lisensi. So, nggak heran kalau masih belum terlalu populer, dokumen pdf saat itu.

Namun seiring berjalannya waktu, di mana persaingan bisnis makin ketat dan tinggi, tidak heran ada sejumlah pihak yang mulai beramai-ramai menggunakan pdf sebagai format dokumen digital. PDF makin populer setelah Adobe (perusahaan pemilik hak cipta) mengijinkan aplikasi Adobe Reader (aplikasi pembaca Pdf) dibagikan secara gratis. Tak hanya itu mereka juga memberikan ijin pada pihak lain untuk turut mengembangkan aplikasi yang berkaitan dengan pdf. 

Kelebihan Dokumen PDF

Seiring dengan makin tingginya penggunaan format pdf, maka di Indonesia pun pdf mulai populer. Hingga saat ini, kita bisa melihat bahwa hampir semua dokumen digital diformatkan dalam bentuk pdf. Mulai dari tugas sekolah, file dokumen digital sekolah/perusahaan/organisasi, semuanya berformat pdf. Nah yang menarik, apa sih kelebihan dokumen pdf?
Berikut adalah beberapa kelebihan dari dokumen pdf.
  • Ukurannya yang jauh lebih kecil dibanding format dokumen lainnya.
  • Tampilan dokumen (baik gambar, teks, grafik, dll) akan jadi lebih baik.
  • Lebih disukai mesin pencari Google, jadi jika Anda mengupload dokumen pdf di internet, maka lebih mudah ditemukan oleh Google dibanding format dokumen lainnya.
  • Bisa dibuat dengan mudah.
  • Bisa dibuat dan dibaca di berbagai sistem operasi komputer.
  • Dan masih banyak lagi.
Bukti Bahwa Dokumen PDF Makin Populer

Nah, pada bagian ini saya mau menunjukkan bukti bahwa dokumen dengan pdf makin populer digunakan. Contoh nyatanya adalah, coba Anda pergi ke mesin pencari Google, lalu cari berbagai dokumen, maka sudah pasti akan banyak sekali dokumen berformat pdf yang Anda temukan. Pengalaman pribadi saya, ketika hendak mencari tugas sekolah, maka saya banyak menemukan infrormasi yang disusun dalam dokumen pdf.

Cara Membuat dan Membaca Dokumen PDF

Untuk membaca dokumen pdf, maka di komputer Anda harus sudah terinstall aplikasi pembaca pdf, namun jangann kuatir, karena saat ini sudah sangat banyak apliakasi pembaca PDF yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Mengenai aplikasi pembaca pdf gratis, akan dibahas pada artikel berikutnya.

Untuk membuat dokumen pdf caranya adalah dengan mengkonversikan dokumen yang sudah ada ke format pdf. Biasanya, file yang dikonevrsikan ke pdf adalah dokumen yang sebelumnya telah dibuat dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Abiword, dan lain sebagainya. Menganai aplikasi pengkonversi pdf akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Nah itulah sekilas tentang pdf, jika ada yang ingin disampaikan silakan sampaikan lewat kotak komentar.

Terima kasih.


Apakah artikel blog ini bermanfaat? Jika artikel-artikel kami bermanfaat bagi Anda, maka silakan langganan artikel blog ini. Dijamin super.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Follow my Twitter