Rabu, 21 Desember 2011

Trik Mengatasi Maraknya Copy Paste Konten di Blog

Beberapa menit sebelum saya menulis post ini saya sempet nge-cek mesin pencari untuk melihat perkembangan dari SEO yang saya lakukan. Seperti biasanya, saya suka nge-cek kata kunci tertentu yang di mana website saya sukses masuk halaman 1. 

Dan tahukah Anda betapa terkejutnya saya ketika melihat sebuah blog yang alexa ranknya tinggi (sekitar 100-ribuan) kontennya ada hasil copy paste dari karya saya. Kalau copasnya mencantumkan link sumber sih nggak masalah (lumayan sambil berbagi, kita dapetin link masuk). Tapi yang jadi masalah ada banyak pelanggaran etika, salah satunya tidak mencantumkan sumber link.

Nah berikut beberapa tips yang sering saya gunakan untuk mengetahui apakah artikel saya dicopy paste atau tidak.

Pastikan tentang posisi artikel Anda di Mesin Pencari

Maksudnya gini, Anda harus tahu dulu di mana posisi (peringkat berapa) artikel Anda. Misalnya artikel Anda ada di peringkat 2 halaman 1 Google. Nah beberapa hari kemudian coba deh cek lagi dengan memakai kata kunci atau judul yang sama dengan artikel Anda, apakah ada perbuahan?. Dalam mengecek tersebut, Anda bisa juga lihat artikel lainnya. Jika ada yang kemungkinan besar sama (sama pesis, mulai dari tanda baca, kata-kata, gambar), itu tampaknya hasil copy paste.

Cara ini sudah beberapa kali berhasil. dan membuahkan hasill. Bahkan tak jarang si plagiator adalah rekan kita sendiri ^_^ (temen makan temen dong ).

Gunakan Tool CopyScape

Copyscape adalah salah satu tool yang dapat digunakan untuk melihat apakah artikel kita dicopas atau tidak. Sistem kerjanya adalah dengan lewat link/url. Untuk menggunakan Copyscape, caranya mudah. Anda tinggal memasukkan url dari posting Anda pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Copyscapesearch.


Hasil akan ditampilkan dan bisa Anda kunjungi langsung si blogger yang copy paste itu. 

Lihat Statistik Blog Anda

Setiap blog, biasanya memiliki fitur untuk melacak statistiknya. Bagi yang menggunakan CMS Blogger, maka fitur statistik sudah tersedia. Anda tinggal masuk ke menu Statistik > Sumber Lalu Lintas. Di sana Anda bisa menemukan berbagai situs yang mendatangkan kunjungan ke blog Anda. 


Terkadang, blogger yang copy paste suka lupa akan link yang mungkin saja kita sisipkan dalam artikel yang ia copy. Nah dari sana Anda bisa mengecek mana situs blog yang suka copy paste artikel Anda.

catatan : khusus untuk tips ketiga ini saya pelajari dari http://www.blogodolar.com/3-cara-mengetahui-postingan-yang-di-copy-paste-orang-lain/

Nah itu untuk blog dari Blogger, jika Anda nge-blog dengan blog dari WordPress CMS (WordPress self hosted) maka Anda bisa melihat statistik lewat plugin WordPress.com Stats

Oke itu dulu yang bisa saya share kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam

Apakah artikel blog ini bermanfaat? Jika artikel-artikel kami bermanfaat bagi Anda, maka silakan langganan artikel blog ini. Dijamin super.

Atau Anda juga bisa gabung di fans page kami di Facebook. Serba Gratis di Facebook

1 komentar:

yudha mengatakan...

makasih gan infonya.. membantu banget

Posting Komentar

Posting Populer

Follow my Twitter